Bagaimana Batas Kredit di Kartu Kredit Ditentukan

Bagaimana Batas Hutang Kartu Kredit Ditentukan

Bagaimana Batas Hutang Kartu Kredit Ditentukan – Jumlah uang yang dapat gunakan pada kartu kredit dikenal sebagai batas kredit. Ini adalah jumlah uang yang ditetapkan oleh bank penerbit kartu kredit ketika permohonan kartu kredit disetujui.

Tapi tahukah Anda bagaimana bank menetapkan batas kredit ini ? Ada dua faktor utama bank penerbit kartu kredit dalam menetapkan Batas Hutang Kartu Kredit Anda : yaitu skor kredit dan tingkat penghasilan.

1 . Skor Kredit

Skor kredit terdiri dari empat faktor , yaitu :

  • Tingkat penggunaan kartu kredit : ini adalah persentase keseluruhan batas kredit yang digunakan (menghitung dengan membagi saldo kartu kredit dengan total batas kartu kredit ). Biasanya , semakin rendah persentase ini, semakin tinggi skor kredit.
  • Riwayat pembayaran kartu kredit : Ini menunjukkan seberapa sering Anda telah melakukan pembayaran tagihan tepat waktu. Semakin dekat angka ini adalah 100 persen, semakin tinggi skor kredit Anda.
  • Usia kartu kredit : Ini menunjukkan berapa lama penggunaan kartu kredit. Semakin lama sejarah kartu kredit Anda, semakin mudah bank dalam menilai kelayakan kredit Anda.
  • Total Kredit: ini adalah total jumlah rekening kredit yang Anda miliki di laporan kredit Anda, termasuk kartu kredit, KPR, kredit mobil, dan pinjaman pribadi.

Semua faktor tersebut menjadi skor kredit, yang dapat menempatkan Anda ke dalam kategori peringkat kredit : miskin, baik atau sangat baik .

2 . Tingkat Penghasilan

Penghasilan juga berdampak terhadap batas kredit. Karena batas kredit pada dasarnya memberitahu berapa Batas Hutang Kartu Kredit, penting untuk bank mengetahui bahwa Anda memiliki penghasilan untuk membayar kartu kredit.

Hal lainnya yang dipertimbangkan oleh bank :

  • Rasio hutang terhadap pendapatan : biasanya bank memperhitungkan hutang terhadap pendapatan. Anda mungkin memiliki penghasilan yang tinggi, tetapi jika Anda juga memiliki banyak hutang, Anda mungkin tidak dapat melunasi kartu kredit. Akibatnya, bank mungkin tidak ingin mengambil risiko memberikan batas kredit yang tinggi . Batas kredit dapat berubah

Mungkin Anda telah diberikan batas kredit yang rendah pada awalnya. Namun jangan khawatir. Batas kredit bisa berubah. Bahkan, sebagian besar bank akan mengevaluasi kembali Anda sebagai pelanggan setiap enam bulan. Jika Anda telah menggunakan kartu kredit secara bertanggung jawab, bank dapat memutuskan untuk meningkatkan batas kredit. Di sisi lain, jika Anda telah membuat beberapa pembayaran terlambat, bank mungkin menemukan alasan yang cukup untuk menurunkan batas kredit.

Demikianlah tadi beberapa point pertimbangan bank penerbit dalam menetapkan Batas Hutang Kartu Kredit Setelah Anda mendapatkan kartu kredit baru, gunakan dengan bijak. Dan jagalah total cicilan bulanan kredit ( kartu kredit, KPR, Kredit mobil, Kredit pribadi, dll ) untuk kurang dari 30% dari total pendapatan bulanan Anda.

Artikel Rekomendasi Untuk Anda