Bagaimana Mengembangkan Bisnis Toko Mainan Anak

Bagaimana Mengembangkan Bisnis Toko Mainan Anak

Manajemen dari toko mainan anak banyak yang telah mengungkapkan bahwa walaupun orang tua yang membayar pembelian sebuah mainan, anaknya merupakan pengambil keputusan mainan mana yang diinginkannya ketika berada di dalam toko mainan anak.

Ini berarti bahwa anak-anak adalah pelanggan primer dari sebuah toko mainan. Oleh karena itu, menjaga agar anak-anak tertarik dengan mainan yang ditawarkan adalah hal yang sangat penting dilakuakn untuk mengembangkan toko mainan anak.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengembangkan Bisnis Toko Mainan Anak :

  • Kelola bisnis toko mainan anak dengan lebih banyak mendengar secara bijak. Pramuniaga yang jujur dan memiliki pengetahuan yang banyak tentang mainan saja tidak cukup. Pramuniaga yang anda pekerjaan juga harus menyukai bekerja dikelilingi oleh anak-anak. Pramuniaga yang baik dapat mendengar dengan sabar keinginan anak-anak. Dari keinginan yang disampaikan anak-anak itu bisa menjadi masukan untuk mengembangkan toko mainan anak dengan cara menjawab kebutuhan anak-anak melalui ketersediaan mainan sesuai yang mereka harapkan.
  • Tunjukan contoh bagaimana cara kerja sebuah mainan melalui praktek langsung. Untuk meningkatkan penjualan, diperlukan contoh untuk ditunjukkan kepada calon pembeli. Tidak hanya sekedar ditunjukkan, tetapi izinkan calon pembeli tersebut mencobanya terlebih dahulu. Hal ini sangat menarik, terlebih lagi jika anda memberikan contoh dari mainan yang saat ini sedang booming di media.
  • Mungkin anda akan berpikir bahwa anda akan rugi jika membuka segel sebuah mainan yang belum dibeli. Namun tidak demikian, sekalipun kemasan telah dibuka, selama anda dapat mempertahankan kondisi sebiah mainan contoh, anda tetap dapat menjual mainan contoh tersebut. Tentunya dengan harga diskon. Sebelum anda membuka segel sebuah mainan untuk dijadikan contoh, anda perlu memperhitungkan terlebih dahulu profit marginnya.
  • Teknik menejemen toko mainan anak yang efektif adalah menginstruksikan pekerja untuk memainkan mainan yang ditawarkan toko disekitar para pelanggan, tidak hanya berada di dalam toko, sembari menawarkan secara langsung produk-produk baru ataupun produk yang menjadi unggulan toko kepada pelanggan. Dengan bercampur dikeramaian dan menawarkan produk, calon pembeli akan lebih mudah mengenal produk anda dan lebih mudah untuk mengarahkan mereka untuk mendatangi toko mainan anak anda.
  • Sebagai pemilik, berdirilah di belakang karyawan anda. Pelanggan tidak selalu benar. Pada kenyataannya ada pelanggan-pelanggan yang melampaui batas menyulut munculnya masalah. Menjaga agar pelanggan tetap bahagia dan nyaman adalah hal yang penting untuk mengembangkan toko mainan, tetapi anda perlu lebih bijak untuk menanggapi pelanggan-pelanggan “bermasalah” tersebut. Kalaupun karyawan anda yang melakukan kesalahan, anda pun wajib untuk mengingatkan agar kesalahan serupa tidak terulang. Tetapi jangan pernah menegur karyawan di hadapan pelanggan. Selain merendahkan karyawan, hal ini juga akan mengurangi kenyamanan pelanggan anda.
  • Jagalah kerapian toko mainan anak yang anda kelola, tetapi juga jangan terlalu rapi. Mengelola toko mainan ibaratnya adalah menyajikan ruanga bermain bagi anak-anak. Perlu adanya pengatura sehingga anak-anak tertarik untuk berkunjung dan merasa gembira berada di dalamnya.
  • Jangan mengatur ruangan terlalu formal, sehingga pengunjung merasa canggung untuk menyentuh barang. Sediakan barang-barang yang memang diperuntukkan untuk membuat nyaman para pengunjung. Dengan cara ini, toko mainan anda akan lebih berkembang karena pengalaman berbelanja yang nyaman yang anda berikan kepada pengunjung akan tersebar dari mulut ke mulut sehingga semakin banyak orang mengenal toko anda.

Demikianlah tadi ulasan kita pada kesempatan kali ini mengenai bagaimana mengelola dan mengembangkan Bisnis Toko Mainan Anak. Semoga dapat menjadi referensi  dan menginspirasi dalam memulai usaha membuka toko mainan anak. GodLuck!

Artikel Rekomendasi Untuk Anda