Kelola Gaji Anda Dengan Metode Amplop Kosong

Cara Kelola Gaji Anda Dengan Metode Amplop Kosong

Kelola Gaji Anda Dengan Metode Amplop Kosong – Saya pernah mendengar penjelasan tentang cara kelola gaji dari seorang pakar keuangan bernama Safir Senduk. Yang dia sampaikan tentang cara mengelola gaji yang baik adalah dengan metode amplop kosong! Penasaran dengan metode tersebut dan mengapa amplop kosong bisa dijadikan cara efektif untuk mengelola gaji dengan baik? Yuk cari tahu penjelasannya lebih lanjut bagaimana Cara Kelola Gaji Dengan Metode Amplop Kosong ini! Cekidot.

Langkah 1 > Siapkan Amplop Kosong

Pertama tama, Anda siapkan beberapa amplop kosong dengan ukuran 110 mm x 230 mm sebanyak beberapa buah. Untuk jumlahnya, silahkan Anda sesuaikan dengan beban dan kebutuhan bulanan Anda! Jumlah amplop yang akan dimiliki akan berbeda satu sama lain. Tulis di bagian kanan atas amplop tersebut nama nama pengeluaran yang harus dipenuhi.

Langkah 2 > Catat Pendapatan Bulanan Anda

Bagi Anda yang memiliki gaji atau penghasilan tetap bulanan, maka uang yang biasa diterima tiap bulan sudah pasti jumlahnya. Silahkan catat berapa jumlah yang akan Anda dapat tersebut! Dan kalau ada tambahan penghasilan lainnya, silahkan catat sebagai tambahan pendapatan.Bagi Anda yang penghasilan bulanan tidak menentu, maka ambil rata rata saja berapa pendapatan bulanan Anda. Catat juga dalam buku khusus.

Langkah 3 > Catat Jumlah Pengeluaran Anda

Dari setiap urutan pengeluaran yang termasuk dalam daftar pengeluaran Anda, tentukan jumlah yang harus dikeluarkan. Selesai menuliskannya, maka silahkan jumlahkan semuanya! Jika jumlah pengeluarannya tidak pasti, ambil saja jumlah yang lebih besar daripada yang biasanya untuk menghindari kekurangan. Lebih baik lebih daripada kurang bukan??

Apakah jumlah tersebut sebanding dengan pendapatan bulanan yang didapatkan? Kalau sudah, berarti Anda sudah cukup dalam segi financial. Apabila jumlahnya masih lebih besar pengeluaran daripada pendapatan, maka silahkan Anda kroscek kembali daftar yang dibuat dan pilah mana yang bisa dihilangkan atau dikurangi, atau juga dengan meningkatkan celah celah untuk menambah pendapatan Anda. Apabila jumlahnya lebih besar pendapatan dan masih ada sisa uang pendapatan yang bisa disimpan, maka pisahkan uang tersebut untuk dialokasikan pada cara kelima.

Langkah 4 > Masukkan Uang Yang Telah Dibagi Ke Dalam Amplop Kosong

Anda khan sudah tahu masing masing pengeluaran yang harus ditutupi, dan Anda juga sudah menyiapkan beberapa amplop kosong bertuliskan nama pengeluaran. Karena itu, silahkan Anda masukkan uang yang telah di bagi ke dalam amplop sesuai jumlah dan nama pengeluarannya.

Usahakan Anda tidak saling mengganggu amplop tersebut, dan saat pengeluaran yang dimaksud sudah sampai pada waktunya, maka gunakan uang yang terdapat pada amplop yang benar. Misal pengeluaran untuk biaya listrik, maka ambillah dari amplop yang bertuliskan pengeluaran listrik. Demikian juga untuk pengeluaran lainnya.

Jika ternyata setelah semua isi amplop dikeluarkan untuk menutupi berbagai beban, kebutuhan serta pengeluaran, dan ada sisa yang dimiliki, maka itu bisa Anda simpan untuk dijadikan tabungan.

Simpan Sisa Uang Ke Program Tabungan Yang Tepat

Selamat saya ucapkan untuk Anda yang setelah melakukan metode amplop kosong diatas, ternyata memiliki sisa pendapatan! Ini membuktikan bahwa Anda sudah cukup mapan secara finansial! Yang perlu diupayakan terakhir kali adalah memastikan bahwa sisa uang tersebut bisa menjamin masa depan, kesehatan, dan jiwa Anda dengan mengikuti program tabungan yang tepat.

Demikian informasi tentang Cara Kelola Gaji Dengan Metode Amplop Kosong. Silahkan Anda praktekkan dalam lingkungan rumah tangga Anda! Dan apabila ada hasil yang bisa dirasakan dari metode ini, jangan pernah ragu untuk berbagi informasi ini dengan saudara atau kenalan Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba !!

Artikel Rekomendasi Untuk Anda