Cara Menabung Agar Tidak Ragu Demi Masa Depan

Cara Menabung Agar Tidak Ragu Demi Masa Depan

Cara Menabung Agar Tidak Ragu Demi Masa Depan – Menabung adalah hal yang dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap orang! Karena dengan budaya ini, maka kita bisa memiliki pegangan untuk menghadapi masa depan yang lebih gemilang. Kegiatan menabung yang ditanamkan pada anak anak, akan membuat mereka lebih faham tentang pentingnya simpanan, dan pada waktu dewasa, mereka akan memiliki pegangan untuk menjalani masa tersebut yang identik dengan awal munculnya berbagai tantangan dalam hidup.

Agar kegiatan menabung menjadi sebuah rutinitas dan kebiasaan yang kita yakini manfaat dan hasilnya, maka Anda perlu mengetahui tentang Cara Menabung Agar Tidak Ragu Demi Masa Depan dan hari tua Anda. Apabila cara cara yang dijelaskan melalui artikel ini Anda lakukan dengan benar, maka hasil simpanan atau tabungan yang terkumpul akan bisa Anda rasakan manisnya suatu saat nanti.

Menabung Itu Sebuah Kebutuhan

Ingatlah bahwa Anda tidak hidup untuk hari ini saja. Walaupun belum pasti akan ada hari esok untuk kita, tetapi tidak ada salahnya apabila kita senantiasa mempersiapkan hari esok kita. Dan karena sebagai manusia kita akan memiliki kebutuhan hidup, maka persiapkanlah kebutuhan untuk masa depan dengan cara menyisihkan uang sisa yang kita miliki hari ini ke dalam tabungan Anda.

Dengan menyadari hal itu, maka pikiran Anda akan diarahkan bahwa menabung adalah sebuah kebutuhan dan kewajiban yang harus dilakukan mulai saat ini, agar Anda bisa memenuhi kebutuhan esok hari.

Menabung Di Tempat Yang Tepat

Simpanlah uang tabungan Anda di tempat yang tepat! Yaitu tempat yang bisa menjamin keamanan dan kemudahan aksesnya. Saat ini, metode menabung yang paling umum digunakan adalah menyimpan uang di bank, baik bank negara maupun bank swasta. Cara ini memang paling tepat dibandingkan dengan menyimpan uang di rumah apalagi di bawah bantal. Tapi, ada sedikit kekurangan dalam metode menabung ini, yaitu adanya potongan biaya bulanan yang cukup besar. Kalau Anda tidak aktif menabung, atau menabung dengan standar atau biasa, maka ada dua hal yang akan terjadi setelah beberapa tahun menabung, yaitu : uang Anda tetap dan tidak berkembang, atau uang Anda habis oleh berbagai potongan dan biaya.

Pilih Yang Memberi Manfaat Tambahan

Cara menabung agar tidak ragu selanjutnya adalah dengan memilih metode menabung yang memberikan berbagai manfaat tambahan agar kita bisa lebih yakin dan tertarik dengan manfaat lebih yang didapatkan tersebut. Di Indonesia sendiri, ada beberapa metode menabung yang memiliki fasilitas tambahan selain penyimpanan uang, yaitu deposito, reksadana, investasi emas, dan asuransi.

Diantara beberapa jenis yang saya sebutkan diatas, satu yang paling baik untuk dipilih adalah asuransi. Mengapa demikian? Karena dengan metode tersebut, setiap kebutuhan kita akan terpenuhi hanya dengan mengikuti satu program asuransi saja. Bahkan, cukup dengan menyisihkan uang sebesar 350 ribu perbulan, Anda bisa mendapatkan manfaat tabungan serta manfaat tambahan sebagai berikut :

Beberapa manfaat asuransi

Asuransi memberikan Anda jaminan perlindungan dalam segi kesehatan! Jadi, selama menabung atau mengikuti program asuransiunit link (berbasis investasi), apabila ada musibah sakit atau kecelakaan yang mengharuskan Anda menjalani pengobatan di rumah sakit, maka perusahaan asuransi yang akan menanggung semua biayanya, tanpa sedikit pun mengurangi nilai tunai simpanan Anda.

Hal ini jauh berbeda dengan kenyataan apabila Anda menabung di bank, deposito atau metode lainnya. Apabila Anda sakit dan berobat ke rumah sakit, maka kemungkinan Anda akan menggunakan tabungan Anda untuk membiayai pengobatan Anda sehingga nilai tunai simpanan Anda akan berkurang.

Peningkatan nilai simpanan Asuransi Unit Link (asuransi berbasis investasi) memiliki manfaat tambahan lain. Yaitu peningkatan atau pengembangan nilai tunai dari simpanan yang kita miliki. Nilai itu akan berubah sesuai dengan peningkatan nilai inflasi dan perkembangan perusahaan yang mengatur investasi kita.

Contoh manfaat dari investasi unit link

Sebagai gambaran sederhana, misalnya tahun 2014 ini Anda ingin membeli mobil seharga 100 juta, dan untuk membelinya Anda mulai menabung sebesar 1 juta/bulan selama 100 bulan ke depan. Nah, setelah 100 bulan, apakah harga mobil yang ingin Anda beli tersebut tetap seharga 100 juta? Saya fikir tidak! Karena nilai uang dari tahun ke tahun akan terus berubah karena inflasi, sehingga bisa jadi setelah terkumpul 100 juta. Maka mobil yang ingin dibeli berubah harganya menjadi 150 juta. Uang tabungan Anda selama ini ternyata tetap tidak cukup untuk membeli keinginan tersebut.

Berbeda halnya apabila Anda menyimpan uang tersebut dalam bentuk investasi (unit). Jadi, nilai tunai yang Anda masukkan dalam investasi kemudian akan dikonversi menjadi unit. Misal, saat Anda melakukan investasi harga unitnya adalah 10.000/1 unit. Anda menyimpan uang untuk investasi sebesar 100 juta. Jadi, dari jumlah uang tersebut, maka unit yang Anda dapatkan adalah 10.000 unit. Setelah 10 tahun ke depan misalnya, nilai unit tersebut berubah menjadi 20.000/unit. Maka berapakah nilai tunai yang Anda miliki apabila mengkonversi unit yang Anda miliki kepada nilai tunai? Iya, jawabannya adalah 200 juta. Inilah kelebihan dari investasi, peningkatan nilai simpanan kita akan sangat pesat dan tinggi.

Namun, perubahan nilai unit ini akan naik turun tergantung pasar. Oleh karenanya, pastikan untuk memilih perusahaan investasi unit link yang sudah dipercayai oleh banyak orang.

Metode menabung yang memberikan jaminan uang pertanggungan bagi nasabahnya adalah cara menabung agar tidak ragu. Silahkan Anda pilih metode menabung yang memiliki manfaat tambahan tersebut! Umumnya metode tersebut berbasis asuransi, karena rata rata asuransi memberikan jaminan uang pertanggungan bagi nasabahnya apabila meninggal dunia atau mengalami catat tetap total.

Bulatkan Tekad

Cara menabung agar tidak ragu yang terakhir adalah dengan membulatkan tekad Anda dengan mengingat ngingat tujuan atau goal Anda menabung. Semua impian, tujuan, serta harapan yang ingin dicapai di masa depan Anda menjadi motivasi untuk membuat Anda berupaya sekuat tenaga dalam menyisihkan sebagian penghasilan yang didapat untuk dijadikan tabungan.

Demikianlah Cara Menabung Agar Tidak Ragu Demi Masa Depan yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel Rekomendasi Untuk Anda