Pentingnya Memiliki Istri Yang Pandai Mengelola Keuangan

Pentingnya Memiliki Istri Yang Pandai Mengelola Keuangan

Pentingnya Memiliki Istri Yang Pandai Mengelola Keuangan – Dalam sebuah organisasi kecil bernama keluarga, tiap orang yang memiliki peran masing-masing! Apabila peran dan tanggung jawab tersebut bisa dilakukan dengan baik, maka keberlangsungan dan keharmonisan rumah tangga akan tetap terjaga. Namun saat ada satu bagian yang tidak melakukan peran dan fungsinya dengan baik, maka keluarga akan mengalami ketimpangan dan ketidakseimbangan yang akan mengarahkannya kepada keterpurukan.

Dari penjelasan singkat di atas, saya ingin menyampaikan tentang Pentingnya Memiliki Istri Yang Pandai Mengelola Keuangan, betapa pentingnya upaya pemilihan pasangan hidup yang akan kita jadikan bagian dalam keluarga dan rumah tangga yang ingin dibina. Calon istri sebaiknya menerima pinangan atau lamaran dari calon suami yang memiliki kemapanan dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Dan begitupun sebaliknya, seorang calon suami harus bisa menyeleksi wanita yang akan dijadikan calon istrinya dengan berbagai pertimbangan.

Ketika kita memilih calon istri atau calon ibu dari anak anak kita kelak, dari banyak hal yang menjadi pertimbangan salah satunya adalah bagaimana keterampilannya dalam mengatur dan mengelola keuangan. Itu adalah salah satu hal yang sangat penting dalam hubungan rumah tangga, karena maju mundurnya kondisi finansial sebuah keluarga tidak hanya bergantung kepada suami sebagai penghasil uangnya, akan tetapi bergantung juga kepada istri yang akan mengatur dan mengelola keuangan keluarga dengan caranya sendiri.

Tips Untuk Menilai Kemampuan Wanita Dalam Pengelolaan Keuangan

Setelah membaca penjelasan diatas, Anda pasti memiliki pertanyaan tentang bagaimana cara yang tepat untuk menilai seorang wanita memiliki keterampilan dalam pengelolaan keuangan yang baik atau tidak! Jawabannya mudah saja, yaitu dengan menjalankan tips berikut ini :

Sebelum menjalin hubungan pacaran atau ta’aruf, Anda sebagai lelaki pasti sudah bisa menilai perempuan yang Anda sukai dari penampilan luarnya. Bagaimana cara dia berpakaian, bagaimana dia berdandan, bagaimana gaya hidupnya, dan bagaimana kesehariannya. Dengan melihat itu semua, Anda akan memiliki gambaran dan kesimpulan kasar tentang keterampilannya dalam mengelola keuangan.

Lihatlah bagaimana dia mengelola keuangannya sendiri

Silahkan Anda perhatikan secara tidak langsung tentang caranya dalam menggunakan dan membelanjakan uang pribadinya, baik yang didapatkan dari hasil kerjanya maupun yang didapatkan dari orang tuanya.

Lihatlah bagaimana dia mengelola pemberian uang Anda di masa pacaran / ta’aruf

Sebagai upaya akhir untuk memastikan, silahkan Anda coba berikan uang kepada calon istri Anda sesuai kemampuan dan kondisi keuangan Anda. Lihatlah bagaiman dia mempergunakan dan membelanjakan uang pemberian tersebut. Apakah langsung habis sendiri untuk kepentingan pribadi yang kurang bermanfaat, atau dia gunakan untuk hal hal penting yang bermanfaat? Kalau dia ternyata memanfaatkannya untuk hal penting yang memiliki manfaat baik bagi dirinya sendiri atau keluarganya. Dia adalah tipe perempuan yang pandai mengelola uang.

Manfaat Memiliki Istri Yang Pandai Mengelola Uang

Bisa membantu Anda dalam pengelolaan keuangan

Sebagai suami, keseharian Anda pasti disibukkan dengan rutinitas mencari nafkah. Dengan adanya istri yang pandai mengelola keuangan, maka suami tidak perlu ikut memikirkan tentang uang nafkah yang diberikannya sebab uang tersebut pasti bisa dimanfaatkan dengan baik, sehingga suami bisa lebih fokus terhadap tugasnya sebagai pencari nafkah.

Bisa memberikan jaminan finansial bagi keluarga

Apabila suami memiliki penghasilan tetap setiap bulannya, istri yang pandai mengelola keuangan akan bisa menyesuaikan pengeluaran dan kebutuhan dengan baik hingga berkecukupan, bahkan kalau memungkinkan dia bisa menyisakan sebagian uang nafkah untuk dijadikan simpanan atau tabungan.

Dan apabila suami memiliki penghasilan yang tidak tetap setiap bulannya. Istri yang pandai mengelola keuangan akan mampu mengelola keuangan yang didapat saat pemasukkan meningkat. Bertujuan untuk bisa mencukupi kebutuhan keuangan saat pemasukkan menurun. Istri bijaklah yang akan membuat kondisi keuangan Anda tetap stabil dan berkecukupan.

Bisa mencukupkan uang nafkah dari suami

Walaupun saat ini berbagai harga bahan pokok naik semenjak dicabutnya subsidi BBM. Istri yang pandai mengelola keuangan bisa mengatur sebaik mungkin uang nafkah yang diberikan suami, berapapun jumlahnya. Dan tidak sedikit diantara mereka yang akan menekan kebutuhan dan keperluannya sendiri agar kebutuhan keperluan suami dan anak anak untuk tetap terpenuhi.

Itulah penjelasan singkat tentang Pentingnya Memiliki Istri Yang Pandai Mengelola Keuangan! Artikel ini hanyalah argumen pribadi semata berdasarkan pengalaman dan kondisi keuangan rumah tangga yang saya alami. Pada kenyataannya, kasus di setiap rumah tangga pasti akan berbeda. Tapi yang pasti, sebelum memutuskan untuk berumah tangga, pastikan Anda memilih calon suami yang bertanggung jawab. Pastikan juga untuk memilih calon istri yang pandai mengelola keuangan.

Artikel Rekomendasi Untuk Anda