Kiat Menghemat Pengeluaran Premi Asuransi Anda Dengan Memanfaatkan Kartu Kredit

Kiat Menghemat Pengeluaran Premi Asuransi Anda Dengan Memanfaatkan Kartu Kredit

Bagaimanakah kiat untuk Menghemat Pengeluaran Premi Asuransi ?. Syaratnya cuma tiga : ada kartu kredit yang aktif, mau bertanya ke agen asuransi untuk pembayaran tahunan dan minta discount. Serta mau bertanya ke penerbit kartu kredit untuk minta info konversi transaksi cicilan tetap

Kita sering kali merasa dalam dilema, di satu sisi kesadaran finansial kita yang sudah baik memunculkan kewajiban untuk melakukan proteksi dengan asuransi jiwa. Dan dengan jumlah dan klausul yang memadai. Sementara di sisi lain, sering kali ini cukup mahal untuk pendapatan kita. Serta kita terlanjur tidak mengagendakannya di rencana pengeluaran tahunan kita atau mengalokasikannya di pengeluaran bulanan kita.  Tentu tidak bijaksana bukan jika kita tidak memiliki perlindungan asuransi jiwa karenanya, dan atau mengurangi proteksi yang sudah ada.

Satu hal yang penting, semakin dini kita mengasuransikan diri kita, maka semakin rendah nilai premi yang akan dikenakan kepada diri kita. Sehingga tidak ada yang salah dengan melakukan pengasuransian diri lebih dini. Di sisi lain dari hidup kita, ada benda yang bernama Kartu Kredit dengan aneka penawaran dan fasilitas yang menggiurkan, bahkan membuat terlena. Sesungguhnya, menggunakan kartu kredit dengan bijak dan cerdas bisa menjadikan kita punya daya beli yang lebih baik. Tidak percaya ?

Kuncinya adalah dengan meminta tenor pembayaran terpanjang ke asuransi kita, biasanya adalah tahunan, di mana untuk pembayaran tahunan akan memperoleh potongan premi (discount). Lalu, nilai transaksi ini akan kita konversikan dengan cicilan tetap di kartu kredit kita untuk periode yang lebih pendek. Anda akan memperoleh nilai kewajiban yang dibayar lebih rendah dari yang semestinya, dan memperoleh keringanan dengan membayar dicicil.

Berkaca dan belajar dari pengalaman

Mari kita cermati pengalaman saya pribadi dengan perusahaan asuransi jiwa dan penerbit kartu kredit yang sama-sama berinisial C. Saya membeli polis asuransi jiwa Term Life dengan opsi pembayaran bulanan, triwulanan, semesteran atau tahunan. Jika pembayaran premi per bulan sebesar Rp P, maka untuk pembayaran semesteran akan dikenakan discount 5% dan untuk pembayaran tahunan akan dikenakan discount 10%. Saya, menghitung, jika saya membayar tahunan. Nilai premi yang saya bayarkan adalah 90% x 12 x P = 10,8 P saja, alias berhemat sebesar Rp 1,2 P. Lumayan lo nilainya… !

Jeli dalam mencermati penawaran

Sebelumnya saya mencermati penawaran-penawaran hyper agresif (sudah bukan lagi super agresif..!!) dengan aneka cicilan tetap berbunga rendah (bahkan tanpa bunga !!!). Termasuk tawaran konversi transaksi tertentu dengan nilai di atas ambang tertentu untuk dijadikan cicilan tetap. Pilihan saya jatuh pada suatu tawaran yang mengkonversi transaksi dengan nilai di atas Rp 1 juta menjadi cicilan tetap. Jika saya ambil skema 3 bulan, maka cicilan tetap dengan bunga 0% dan jika saya ambil skema 6 bulan. Maka saya akan dikenakan tingkat suku bunga sebesar 0,8%/bulan saja secara flat.

Jika saya ambil opsi kesatu, dengan skema 3 bulan, maka saya cukup membayar sebesar Rp 3,6 P per bulan (dari 10,8 P dibagi 3 bulan tanpa tambahan bunga). Total uang yang saya keluarkan tetap sama, 10% lebih murah karena membayar untuk setahun penuh di muka dengan cara mencicil 3 bulan.

Jika saya ambil opsi kedua, dengan skema 6 bulan. Maka total kewajiban saya menjadi {100% + (6 x 0,8%) } x 10,8 P = 11,3184 P atau sekitar 94,32% saja dari total premi setahun sebesar 12 P. Atau memperoleh discount 5,68% karena membayar untuk setahun penuh di muka dengan cara mencicil 6 bulan. Sementara kewajiban saya mencicil per bulan di kartu kredit adalah sebesar 11.3184 P / 6 = Rp 1,8864 P.

Mungkin kelihatannya diskon 5,68% atau 10% kecil, tapi jika kewajiban premi asuransi anda besar, bisa jadi lumayan. Sebagai ilustrasi, suatu polis Term Life flat rate untuk laki-laki tidak merokok usia 39 tahun di asuransi C tersebut adalah Rp 292.000,- per bulan. Jika membayar setahun akan memperoleh discount 10% atau 90% x 12 x Rp 292,000,- = Rp3.153.600,- atau berhemat Rp 350.400,-. Jika dikonversi ke cicilan tetap selama 3 bulan maka cicilan per bulannya adalah Rp 525.600,-. Sedangkan jika dikonversi ke skema cicilan tetap 6 bulan, penghematan adalah Rp 199.027.- dengan cicilan per bulan Rp 347.083,- saja.

Demikianlah tadi tips Menghemat Pengeluaran Premi Asuransi dengan cara memanfaatkan penggunaan kartu kredit secara tepat dan cerdas. Caranya gampang bukan ? Selamat mencoba!.

Artikel Rekomendasi Untuk Anda