Mandiri Berbisnis Dengan Menjalankan Bisnis Franchise

Kiat Menjalankan Bisnis Franchise

Mandiri berbisnis dengan menjalankan bisnis franchise. Dunia bisnis yang semakin berkembang pada saat ini sedikit banyak juga ikut terpengaruh oleh pesatnya perkembangan arus teknologi informasi dan komunikasi. Kecanggihan teknologi yang seolah – olah berubah setiap saat pun. Kini menjadi semacam acuan dan sebagai alat wajib untuk membantu perkembangan bisnis kita.

Begitu pula dengan dunia bisnis. Kanyak kini para pebisnis yang memulai bisnis dari secara mandiri, demi melihat peluang dan perkembangan yang ada serta ditambah kepopuleran bisnis yang dirintisnya tersebut. Berubah menjadi sebuah bisnis yang diwaralabakan atau bisnis franchise. Ada beberapa pertimbangan dan analisa sebelum memutuskan apakah sebuah bisnis mandiri bisa dan layak untuk di jadikan sebuah model bisnis franchise.

Memiliki ciri yang khas dalam bisnis

Sebuah bisnis yang awalnya dijalankan secara mandiri dan ingin diwaralabakan atau menjadi bisnis franchise harus memiliki ciri khas dibanding dengan usaha sejenis. Usaha yang memiliki ciri khas tentu lebih dilirik dan diminati oleh konsumen.

Terbukti sudah memberikan keuntungan

Bisnis mandiri yang ingin diwaralabakan atau menjadi bisnis franchise harus terbukti berhasil dan memberikan keuntungan secara konsisten dalam beberapa tahun terakhir. Hal semacam ini wajib agar tidak merugikan calon pembeli waralaba yang ingin menjadi mitra dalam bisnis.

Memiliki standar atas pelayanan dan barang dan / atau jasa yang ditawarkan yang dituangkan dalam SOP yang baku

Standar pelayanan semacam ini harus dituangkan secara tertulis dan bersifat tetap. Dengan kata lain, harus mempunyai panduan tertulis sebagai pedoman yang bisa diikuti oleh calon mitra dalam yang ingin membeli bisnis franchise ini.

Adanya dukungan yang berkelanjutan

Pemilik bisnis franchise tidak hanya menjual merek dagang dan hak dagang saja. Tetapi juga harus menyertakan dukungan penuh secara berkala kepada franchisee, seperti bantuan terkait operasional, teknis, manajemen dan pemasaran.

Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang telah terdaftar

Ini adalah salah satupoin yang terpenting, yaitu mengenai Hak Kekayaan Intelektual. Suatu merk dagang yang ingin di franchise-kan, terlebih dahulu harus mendaftarkan merk dagangnya ke Pemerintah. Jangan sampai bisnis franchise yang sudah berjalan harus tersandung masalah hukum akibat penggunaan merk dagang dan jenis usaha yang menyalahi hak kekayaan intelektual bisnis sejenis.

Jadi jika Anda ingin menjadikan bisnis anda menjadi sebuah bisnis franchise, ada baiknya jika memperhatikan poin-poin diatas, apakah bisnis mandiri  anda sudah layak untuk menjadi sebuah bisnis franchise.

Perbedaan Bisnis Mandiri Dan Franchise

Bisnis mandiri sendiri merupakan bisnis yang dibuat oleh pelaku usaha yang membuka sebuah bisnis dengan segala risiko yang ada. Biasanya membuka toko atau gerai agar bisa meningkatkan bisnis dengan mudah. Membuka di daerah adalah solusi dalam membuat bisnis mandiri.

Bisnis Franchise sendiri

Bisnis franchise hampir sama dengan bisnis mandiri. Tapi, terdapat sedikit perbedaan yangperlu anda ketahui. Perbedaan yang paling terlihat pada kepemilikan gerai, peraturan usaha, dan beberapa hal mendasar dalam bisnis franchise. Pengusaha franchise kebanyakan berawal dari usaha biasa atau mungkin juga industri rumahan dalam skala kecil maupun menengah, yang mengalami perkembangan yang sangat pesat didukung dengan manajemen yang baik, maka berkembanglah menjadi sebuah bisnis franchise.

Sementara pihak yang mengembangkan dan merintis bisnis franchise ini disebut sebagai franchisor. Sedangkan pihak pelaku yang membeli usaha duplikasi ini disebut franchisee. Dalam penerapannya pihak franchisee dalam menjalankan usahanya berpedoman dengan sistem operasional yang telah ditentukan dan ditetapkan oleh franchisor. Selain itu, franchisor juga menyediakan sarana dan infrastruktur sebagai kelengkapan dalam menjalankan bisnis. Demikianlan artikel mengenai pemahaman tentang menjalankan bisnis franchise, selamat berbisnis.

Artikel Rekomendasi Untuk Anda